Artikel

6 Kebutuhan Rumah Tangga yang Sulit Dihemat, Ternyata Tidak Terduga!

kebutuhan rumah tangga

Membangun hubungan rumah tangga dengan menikahi pasangan terkasih, tentu menjadi salah satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup. Namun, perlu diketahui, membangun rumah tangga tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi, untuk Anda yang baru saja memulai kehidupan berumah tangga. Disarankan, Anda harus mempelajari hal-hal terkait rumah tangga terlebih dahulu. Salah satu hal yang harus Anda pelajari atau Anda ketahui, yakni tentang apa saja kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan berkeluarga dan berumah tangga. Hal ini harus dipelajari terlebih dahulu, agar nantinya Anda bisa mengatur keuangan rumah tangga Anda dengan tepat dan tidak timpang sebelah antara penghasilan serta pengeluaran. Apalagi, beberapa kebutuhan rumah tangga dalam penggunaan sehari-harinya termasuk rawan dengan kegiatan pemborosan atau bisa dikatakan sulit dihemat. Nah, kira-kira apa saja ya kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, silahkan simak ulasan singkat berikut ini:

Kebutuhan Rumah Tangga yang Sulit Dihemat

1.   Air

Kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat yang pertama adalah air. Hal ini dikarenakan air termasuk dalam kebutuhan yang sangat penting dan selalu dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Beberapa penggunaan air di dalam rumah tangga seperti, mencuci pakaian, mencuci piring dan peralatan dapur, mandi, minum, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, jika Anda tidak bijak dalam penggunaan air, bisa-bisa tagihan air Anda akan mengalami pembengkakan yang cukup besar.

2.   Bahan Makanan

Bahan makanan juga termasuk dalam salah satu jajaran urutan kebutuhan yang sulit dihemat. Mengapa demikian? Jawabannya karena bahan makanan termasuk dalam kebutuhan pokok manusia dalam menjalani kehidupan. Mengingat, setiap hari tubuh harus terisi makanan agar bisa berenergi dan menjalani aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, bahan makanan menjadi kebutuhan yang sulit dihemat. Apalagi, jika Anda mempunyai jumlah anggota keluarga yang banyak, sehingga kebutuhan dalam hal makanan menjadi lebih besar. Beberapa kebiasaan buruk juga mempengaruhi dan bisa menyebabkan bahan makanan Anda lebih cepat habis, seperti membuang-buang makanan, penggunaan terlalu berlebihan untuk jumlah anggota yang sedikit, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, sangat disarankan Anda bisa lebih bijak dalam membeli dan mengelola bahan makanan untuk kehidupan rumah tangga Anda sehari-hari.

3.   Listrik

Kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat selanjutnya adalah listrik. Hal ini dikarenakan dalam rumah tangga pasti membutuhkan banyak alat elektronik. Beberapa barang elektronik yang biasanya dipakai untuk kegiatan rumah tangga seperti kulkas, rice cooker, mesin cuci, setrika, televisi, kipas angin atau AC, pompa air, dan masih banyak lagi. Selain jumlah alatnya yang banyak, penggunaan aliran listrik yang terus menerus atau dalam artian tidak berhenti selama sehari, juga semakin menambah pengeluaran yang besar. Oleh karenanya, tidak heran jika listrik masuk ke dalam jajaran kebutuhan rumah tangga yang sulit untuk dihemat dan membutuhkan perilaku bijak dalam penggunaannya. Salah satu cara penghematan listrik yakni dengan mematikan alat elektronik yang tidak dipakai, misalnya mematikan televisi atau kipas angin ketika Anda tidak ingin menontonnya atau sedang bepergian ke luar rumah.

4.   Gas

Gas juga termasuk dalam salah satu deretan kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat. Penggunaan gas yang sulit dihemat ini juga bisa dibilang masih berkaitan dengan pemenuhan bahan pokok. Apalagi, jika keluarga Anda memang lebih suka untuk mengkonsumsi makanan buatan rumah, tentu saja penggunaan gas akan lebih sering dibandingkan dengan keluarga yang memilih untuk membeli makan dari penjual makanan. Penggunaan gas akan semakin sulit dihemat lagi jika Anda mempunyai hobi memasak, atau juga punya usaha di bidang makanan, seperti cathering. Tidak hanya untuk pengelolaan bahan makanan, gas juga biasanya digunakan untuk keperluan lain seperti merebus air hangat untuk mandi (bagi yang tidak punya sumber air hangat otomatis).

5.   Deterjen dan Cairan Pembersih serta Pewangi

Kebutuhan rumah tangga lainnya yang juga sulit dihemat yakni deterjen atau cairan pembersih serta pewangi. Kebutuhan rumah tangga yang satu ini sulit dihemat karena sering dipakai sehari-hari. Entah itu untuk mencuci pakaian atau mencuci piring dan peralatan makan. Cairan pembersih juga pastinya dibutuhkan untuk mengepel lantai dan membersihkan alat rumah tangga lain. Sementara untuk cairan pewangi, pastinya yang sering digunakan yakni pewangi dan pelicin pakaian ketika hendak disetrika. Melihat penggunaannya yang berbeda, serta dipakai untuk kegiatan sehari-hari, tentu saja deterjen dan cairan pembersih serta pewangi ini harus bisa dihemat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.

6.   Sabun, Shampo, dan Peralatan Mandi

Selain deterjen, cairan pembersih, dan pewangi, ada kebutuhan lain nih, yang ternyata masuk dalam kategori kebutuhan yang sulit dihemat. Kebutuhan tersebut adalah shampo, sabun, dan peralatan mandi seperti odol, serta masih banyak lagi. Kebutuhan yang satu ini sulit dihemat karena selalu digunakan sehari-hari, mengingat kebersihan badan harus selalu dijaga.

Nah, itulah 6 kebutuhan rumah tangga yang sulit dihemat, yang wajib Anda ketahui. Disarankan dalam pembeliannya, Anda disarankan untuk bisa memilih dan memilah mana kebutuhan yang pokok, dan harus diutamakan.

Berbicara tentang pembelian kebutuhan rumah tangga, agar lebih hemat lagi, Anda bisa membelinya dalam jumlah yang banyak sebagai persediaan. Dengan membeli banyak sekaligus, Anda tentu bisa mendapatkan harga yang lebih murah  daripada harus membelinya secara satuan. Hal tersebut seperti gambaran pembelian di distributor kebutuhan rumah tangga Mega Mitra Sentosa.

Mega Mitra Sentosa

Mega Mitra Sentosa merupakan distributor keperluan rumah tangga serta alat tulis kantor yang sudah dipercayai oleh 5100+ masyarakat di seluruh Indonesia. Anda bisa membeli berbagai kebutuhan rumah tangga dengan harga yang terjangkau di Mega Mitra Sentosa. Bahkan, jika Anda ingin berdagang, Anda juga bisa membeli pasokannya di Mega Mitra Sentosa.