Artikel

Harus Ada di Rumah, Inilah Beberapa Alat Pembasmi Serangga

alat pembasmi serangga

Serangga termasuk dalam salah satu musuh yang sering mengganggu dan menyebabkan berkurangnya rasa nyaman ketika berada di dalam rumah. Beberapa serangga yang sering dijumpai berkeliaran dan berkembang biak di lingkungan sekitar rumah yakni antara lain nyamuk, kecoa, semut, dan lalat. Tidak hanya serangga saja, hewan lain yang termasuk hama, misalnya saja tikus juga pasti sangat meresahkan.

Keberadaan berbagai macam serangga dan hama ini tentu sangat merugikan, khususnya pada sektor kesehatan. Hal ini dikarenakan, serangga dan hama tersebut biasanya hidup di lingkungan yang kotor dan jorok, sehingga pastinya di dalam tubuh serangga terdapat banyak virus, kuman serta bakteri yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Apalagi, jika di lingkungan rumah Anda terdapat anak-anak yang notabene lebih rentan atau cepat terkena infeksi penyakit. Oleh karenanya, Anda harus mempunyai cara atau trik untuk bisa membasmi serangga dan hama tersebut. Salah satu cara yang mudah dilakukan yakni dengan membeli alat pembasmi serangga. Kira-kira apa saja ya alat-alat tersebut? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan singkat di bawah ini:

Beberapa Alat Pembasmi Serangga

1. Raket Listrik

Raket listrik menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk membasmi serangga. Alat ini umumnya digunakan untuk membasmi serangga yang bisa terbang, seperti nyamuk dan lalat. Untuk kegunaannya pun bisa dikatakan ampuh, karena raket listrik dilengkapi dengan aliran listrik yang sangat cepat, sehingga mampu untuk mengejutkan dan membunuh serangga. Bahkan tidak jarang juga, raket listrik mampu untuk membuat tubuh nyamuk hancur tidak bersisa. Wah, ampuh sekali ya alat yang satu ini. Tenang saja, raket listrik ini dijual di mana saja, sehingga Anda bisa memilikinya dengan mudah.

2. Tirai Anti Nyamuk

Masih bersangkutan dengan serangga berjenis nyamuk, alat yang dapat digunakan untuk membasmi serangga berikutnya adalah tirai anti nyamuk. Tirai anti nyamuk ini biasanya dipasang dengan memutar atau seakan-akan membungkus tempat tidur Anda. Hal ini bertujuan untuk melindungi Anda dari nyamuk ketika sedang tidur. Atas faktor inilah, banyak orang tua memasang tirai anti nyamuk untuk melindungi anak-anaknya. Sama halnya dengan raket listrik, tirai anti nyamuk ini juga mudah untuk ditemukan, perlu diketahui, tirai anti nyamuk biasanya juga disebut dengan kelambu pelindung.

3. Alat Penangkap Serangga dan Lampu Tidur Khusus

Alat yang dapat digunakan untuk membasmi serangga selanjutnya adalah alat penangkap serangga dan lampu tidur khusus yang bernama, yakni inhalant. Inhalant bekerja dengan cara memanfaatkan sinar ultraviolet (UV) untuk menarik dan menangkap serangga yang ada di dalam ruangan tersebut. Inhalant awalnya akan bekerja dengan mendeteksi keberadaan serangga, yang kemudian membuat serangga tersebut terperangkap ke dalam alat sehingga mencegahnya untuk terbang kembali. Alat ini sangat berguna untuk melindungi Anda dari serangga ketika sedang tidur.

4. Lampu Tidur Khusus atau Anti Serangga

Tidak hanya inhalant, lampu tidur khusus atau anti serangga juga termasuk dalam alat pembasmi serangga yang sistem kerjanya memanfaatkan sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet dari lampu tidur khusus ini berfungsi untuk menjauhkan berbagai macam serangga yang hendak mendekati Anda ketika sedang tidur. Jadi, tidak hanya sebagai lampu penerang ketika tidur, melainkan juga sebagai alat yang mampu membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas karena nyaman dan aman dari serangga-serangga yang kerapkali mengusik Anda.

5. Lotion Anti Serangga

Mempunyai tujuan yang sama seperti lampu tidur khusus, yakni menjauhkan nyamuk dan serangga ketika tidur, Anda juga bisa nih memakai alat yang berbentuk lotion. Lotion anti serangga digunakan untuk melindungi kulit Anda dari gigitan serangga seperti nyamuk. Penggunaan lotion ini juga terbilang efektif dan cukup bertahan lama, walau tidak untuk membunuh serangga, setidaknya serangga tersebut jauh dari diri Anda. Cara penggunaannya pun mudah, yakni cukup dioleskan di seluruh permukaan kulit, dari mulai tangan hingga kaki. Perlu diketahui, beberapa lotion anti nyamuk mempunyai kandungan yang bisa membuat iritasi kulit, sehingga Anda perlu berhati-hati ketika hendak mengaplikasikannya di daerah sekitar wajah.

6. Gelombang Ultrasonik

Sama dengan ultraviolet, gelombang ultrasonik juga mampu untuk membasmi ataupun menjauhkan serangga dari diri Anda. Bahkan, tidak hanya serangga, alat dengan pemanfaatan gelombang ultrasonik ini juga mampu menjauhkan Anda dari hama lain, yakni tikus. Alat-alat yang memanfaatkan gelombang ultrasonik akan bekerja dengan cara mengganggu sistem saraf serangga dan hama yang ada di rumah. Dari gelombang ultrasonik inilah, alat-alat tersebut akan mengisyaratkan atau memberi sinyal untuk para serangga dan hama agar segera meninggalkan rumah tersebut.

7. Kamper

Alat yang dapat digunakan untuk menjauhkan serangga dari diri Anda selanjutnya adalah kamper. Anda bisa menggunakan kamper di setiap sudut ruangan untuk mencegah ruangan tersebut dari kedatangan serangga pengganggu. Alat yang satu ini mempunyai sistem kerja dengan cara memberikan bau tidak sedap dan menyerap kelembapan di dalam satu ruangan. Biasanya, kamper banyak digunakan di toilet maupun dapur yang rentan lembab dan berkemungkinan besar menjadi sarang dari para serangga.

8. Tepung Maizena

Tanpa disadari, tepung maizena juga termasuk dalam alat yang dapat digunakan untuk membasmi serangga. Tepung maizena ini merupakan bahan dapur yang sangat tidak disukai semut, terutama semut gula. Jadi, Anda bisa menggunakannya nih, untuk membasmi para semut yang kerapkali mengganggu persediaan makanan Anda. Caranya sangat mudah kok, yakni dengan menaburkan tepung maizena ke sarang semut.