Artikel

Kelebihan Disinfektan Spray serta Perbedaannya dengan Hand Sanitizer

disinfektan spray

Kebersihan menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan setiap saat. Apalagi, di dalam rumah tercinta, yang biasanya menjadi tempat berkumpul untuk anak dan pasangan terkasih. Mengingat kuman bisa tersebar di mana saja, maka Anda juga harus mempunyai langkah untuk menanganinya. Tetaplah  menjaga kebersihan, khususnya di dalam rumah. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah tetap bersih dan higienis, salah satu caranya yakni selalu rutin memakai cairan disinfektan.

Apa Itu Disinfektan?

Disinfektan sendiri secara garis besar adalah cairan yang khusus dibuat dengan penambahan kandungan anti mikroba sehingga mempunyai peranan dalam menghambat serta membunuh segala macam mikroorganisme. Mikroorganisme yang bisa terbunuh juga beragam, seperti virus, kuman, bakteri, serta jamur.

Perbedaan Disinfektan dengan Hand Sanitizer

Perlu diketahui, disinfektan berbeda dengan hand sanitizer, baik dari kandungan dan berbagai jenisnya. Jika hand sanitizer lebih banyak dibuat dengan kandungan alkohol, disinfektan justru sebaliknya, yakni lebih banyak mengandung bahan-bahan kimia selain alkohol. Beberapa bahan kimia tersebut mempunyai bentuk berupa senyawa chlorin, peroksida, creosote, dan hydrogen. Biasanya juga, disinfektan dibuat dengan ditambah kandungan biosida yang lebih tinggi dibandingkan hand sanitizer.

Perbedaan lain antara hand sanitizer dan disinfektan yakni terletak pada macam-macam jenisnya. Disinfektan mempunyai lebih banyak jenis jika dibandingkan dengan hand sanitizer yang hanya punya dua jenis (gel dan cair). Berbagai macam jenis disinfektan yang bisa dan mudah Anda temui di lingkungan sekitar, antara lain, spray, sabun dan air, larutan klorin, larutan pemutih, chlorin, alkohol dengan kadar 70 persen, karbol atau lysol, dan hidrogen peroksida.

Tidak hanya itu saja, dari cara pemakaiannya pun, disinfektan sangat berbeda dengan hand sanitizer. Disinfektan tidak bisa digunakan secara sembarangan, dan pastinya tidak semudah penggunaan hand sanitizer. Jika penggunaan hand sanitizer biasanya langsung dituang di telapak tangan dan menyentuh permukaan kulit, justru penggunaan disinfektan lebih disarankan tidak tersentuh langsung dengan kulit. Hal ini dikarenakan, disinfektan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Penggunaan disinfektan biasanya dengan cara disemprot pada berbagai benda yang sering tersentuh dan berkemungkinan menjadi tempat  bersarangnya virus, bakteri, dan kuman. Dalam penggunaannya, disinfektan mempunyai resiko yang lebih berat jika terkena kulit, maka disarankan dalam penggunaannya, Anda harus memakai alat-alat pelindung diri, seperti masker, sarung tangan, dan kacamata khusus.

Nah, berbicara tentang disinfektan nih, ada salah satu jenis disinfektan yang bisa dengan mudah Anda pakai di dalam rumah. Disinfektan tersebut adalah disinfektan spray. Disinfektan spray mempunyai beberapa kelebihan yakni:

Kelebihan Disinfektan Spray

1. Disinfektan dengan Kandungan Terbaik

Disinfektan spray yang terbaik yakni disinfektan yang memiliki kandungan silver ion sehingga mampu dengan cepat dan ampuh dalam membunuh  virus serta kuman. Kandungan silver ion ini mempunyai sistem kerja dengan cara mengganggu metabolisme virus. Nantinya virus tidak dapat berkembang dengan baik dan akhirnya mati.

2. Lebih Aman

Karena berisi kandungan silver ion, kelebihan disinfektan spray yang lainnya yakni tentu saja lebih aman untuk digunakan di dalam kehidupan rumah. Hal ini dikarenakan, silver ion bekerja tanpa merusak sel tubuh. Apalagi, jika Anda memilih disinfektan spray yang tidak mengandung alkohol. Pastinya, disinfektan jenis tersebut lebih aman dan pas digunakan di lingkungan rumah, yang kemungkinan besar terdapat ibu hamil, anak kecil, serta bayi.

3. Pembuatan Cairan Mudah

Kelebihan disinfektan spray lainnya yakni pembuatannya yang cukup mudah dan bisa Anda lakukan di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat disinfektan spray alami yakni, ada air, cuka putih hasil suling, dan tetes minyak esensial yang bisa diambil dari kayu putih, kayu manis, cengkeh, kemangi, ataupun jeruk nipis. Untuk cara membuatnya, cukup campurkan semua bahan ke dalam botol spray yang sudah disiapkan (pastikan botol dalam keadaan bersih). Lalu setelah itu, kocok botol hingga semua bahan tercampur rata. Setelah tercampur rata, disinfektan spray pun siap untuk digunakan. Jangan lupa, untuk selalu menyimpan disinfektan spray di tempat yang aman dan jauh dari anak-anak.

4. Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Seperti penjelasan di atas, diketahui bahwa disinfektan spray dibuat dengan campuran bahan minyak esensial yang pastinya memiliki bau sedap dan membuat udara sekitar menjadi lebih segar. Hal ini tentu termasuk dalam salah satu kelebihan disinfektan spray dan menjadi alasan mengapa cairan ini wajib ada di rumah Anda. Umumnya, disinfektan spray yang banyak digunakan oleh masyarakat yakni disinfektan yang mengandung bau kayu putih ataupun jeruk nipis. Sehingga, pada saat disemprotkan ke seluruh ruangan, aroma khas tersebut akan menyebar dan membuat ruangan terasa nyaman untuk ditempati.

5. Dapat Digunakan di Benda Apa Saja dan Cepat Kering

Disinfektan spray juga mempunyai kelebihan lain nih, yakni dapat digunakan di benda apa saja dan cepat kering. Kelebihan yang satu ini mempunyai arti bahwa bisa disemprotkan pada benda apa saja, baik benda dengan permukaan halus maupun benda dengan permukaan kasar. Nah, selain itu, ketika sudah disemprotkan, disinfektan spray akan lebih cepat mengering tanpa perlu di lap, jadi lebih praktis ya.